Mahasiswa KKN Undip Sadarkan Pentingnya Pemasaran Digital Kepada Masyarakat Desa

  • Aug 28, 2023
  • KKN TIM II UNDIP 2023

Kab. Batang (13/08/2023) – Media sosial kini sudah menjadi kebutuhan bagi seluruh umat manusia di dunia, hiburan, komunikasi, mencari atau memberikan informasi dan kebutuhan lainnya dapat terpenuhi di media sosial. Di Indonesia, media sosial telah banyak digunakan oleh masyarakat sebagai media komunikasi, hiburan bahkan pemasaran. Menggunakan media sosial sebagai media pemasaran terbukti efektif dan banyak orang yang berhasil melakukan pemasaran melalui media sosial. Kegunaan sosial media  digital untuk menjual suatu  produk menunjukan kesempatan yang signifikan untuk pebisnis dalam  biaya yang   lebih   rendah, meningkatkan kesadaran terhadap brand, dan meningkatkan penjualan. Pengembangan bisnis menggunakan digital marketing adalah  perkembangan sistematik dari proses marketing yang harus diperbarui secara rutin.

Namun kenyataannya, penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran masih belum merata. Survei terhadap beberapa sampel pelaku UMKM di Desa Harjowinangun Barat menemukan bahwa UMKM peserta di Desa Harjowinangun Barat belum sepenuhnya memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran produk. Hal inilah yang melatarbelakangi program advokasi penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran bagi UMKM. Hal itulah yang melatarbelakangi program untuk pembuatan infografis mengenai Tips Marketing/pemasaran melalui media sosial bagi pelaku UMKM. Pembuatan infografis dilakukan dalam bentuk pemberian pencerdasan dalam bentuk infografis tentang Tips Marketing dalam media sosial  di lokasi UMKM di Desa Harjowinangun Barat.

Kegunaan sosial media  digital untuk menjual suatu  produk menunjukan kesempatan yang signifikan untuk pebisnis dalam  biaya yang   lebih   rendah, meningkatkan kesadaran terhadap brand, dan meningkatkan penjualan. Pengembangan bisnis menggunakan digital marketing adalah  perkembangan sistematik dari proses marketing yang harus diperbarui secara rutin.

Namun kenyataannya pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran masih belum merata pemanfaatannya. Setelah dilakukan survei dari beberapa sampel pelaku UMKM di desa Harjowinangun Barat, ditemukan bahwa pelaku UMKM di desa Harjowinangun Barat belum memanfaatkan secara maksimal penggunaan media sosial sebagai alat dalam memasarkan produk mereka.  Hal itulah yang melatarbelakangi program untuk melakukan pembuatan infografis tentang “Tips Marketing di Sosial Media” dengan target warga desa yang telah memiliki bisnis menjadi lebih melek mengenai pemasaran melalui sosial media dan masyarakat desa yang belum memiliki bisnis menjadi terpantik untuk ada niatan membangun bisnis.

Pembuatan infografis seperti ini mendapat respon positif dari warga, sehingga saya harap rekan-rekan mahasiswa kedepannya jangan ragu untuk membagikan informasi kepada masyarakat.